>

AD (728x60)

Kamis, 20 Oktober 2016

Contoh Penerapan Penggunaan Arsitektur Client & Server

Share & Comment





Disini saya mengambil salah satu Contoh Penerapan Penggunaan Arsitektur Client & Server yaitu Printer Server. Perangkat yang wajib di perusahaan ini berfungsi sebagai mencetak dokumen dalam satu ruangan yang terhubung dalam satu jaringan yang sama. Karyawan tidak perlu memindahkan data ke komputer lain karena bisa dicetak langsung dari komputer masing-masing.

Printer server juga memungkinkan semua antrian printing diarahkan ke printer. Administrator jaringan juga bisa menghapus print job tertentu jika menginginkannya.

Cara kerja Printer Server
Cara kerja printer server yaitu satu PC dijadikan sebagai printer server untuk semua client dapat mengakses printer melalui satu PC tersebut dalam suatu jaringan. PC yang digunakan sebagai printer server di install driver dari printer yang akan digunakan. Kemudian PC tersebut di sharing printer sehingga client mendapatkan hak untuk mengakses printer melalui server tersebut. Lalu client mengatur IP dan menyesuaikannya dengan IP server. Hal ini dilakukan agar client dapat mengakses ke printer tersebut. Satu PC tidak harus dilengkapi dengan satu printer. Hal ini dikarenakan semua PC dalam satu ruangan hanya membutuhkan satu printer untuk mencetak. Dengan begitu kenyamanan kerja bisa ditingkatkan apalagi ruang kerja menjadi lebih luas.


Ray Ferdian
17113333
4KA33

Referensi:
Buku: Home Networking Membuat Jaringan Komputer untuk Rumah dan Kantor Berskala Kecil
Author; Ali Zaki
https://books.google.co.id/books?id=IpM5FHr1P-wC&pg=PA22&dq=Printer+Server+adalah
http://www.xpresprint.com/fungsi-dan-cara-kerja-printer-server.html

Tags:

Written by Ray

Invest three percent of your income in yourself (self-development) in order to guarantee your future.

 

Motivational Quote


Student Site News

Copyright Berbagi Ilmu | Designed by Ray Ferdian